Quique Setien, Jika LaLiga Dihentikan dan Barca Juara Rasanya Beda

Quique Setien

PREDIKSIAPIBET – Pelatih Barcelona Quique Setien berharap LaLiga dilanjutkan dan diselesaikan di lapangan. Juara tanpa menyelesaikan sisa musim baginya terasa berbeda.

Pandemi virus Corona membuat LaLiga ditangguhkan sejak 12 Maret dan tanpa batas waktu. Saat ini seluruh tim sudah melalui 27 pertandingan, dengan 11 laga tersisa.

Waktu menjadi tantangan LaLiga, juga liga-liga top Eropa lainnya, untuk melanjutkan kompetisi. Sebab normalnya, musim baru sudah akan bergulir lagi per Agustus.

Peluang untuk menyelesaikan musim menjadi lebih besar setelah UEFA menunda Piala Eropa 2020 ke tahun depan. Meski demikian, hingga kini belum diketahui kapan urusan dengan COVID-19 bakal selesai, sehingga selalu ada risiko untuk menyelesaikan liga.

Salah satu opsi termudah adalah menyetop kompetisi dan memutuskan klasemen saat ini sebagai klasemen akhir. Jika demikian, Barcelona akan jadi juara dengan raihan 58 poin, dua poin di depan Real Madrid. Tapi ide ini kurang disukai Setien.

“Saya ingin kembali bertanding dan menjadi juara dengan bertanding, tentu saja. Tapi realitanya adalah situasinya seperti ini dan musim sedang ditangguhkan,” katanya kepada TV3 dan dikutip Marca.

“Saya tak tahu apakah perjalanan musim sudah cukup untuk pemberian gelar atau tidak. Saya tak akan merasa seperti seorang juara, meskipun kami punya dua poin lebih banyak ketimbang saat saya tiba, saya itu kami seimbang dengan Real Madrid.”

“Tapi ini sepenuhnya bersifat anekdot. Ini situasi yang sangat sulit untuk semua orang. Yang sungguh saya harapkan adalah ini akan selesai sesegera mungkin dan kita bisa keluar dan saling memeluk, serta mendapatkan kembali orang-orang tua yang merasakan situasi ini dengan lebih intens.”

“Selebihnya tak penting lagi. Kalau kami harus mengakhiri kompetisi dan tidak bisa bermain lagi…dan kalau kami bisa melanjutkannya dan bertanding, maka bagus. Mari kita lihat apakah kami bisa menjaga keunggulan,” tandasnya.

Presiden LaLiga Javier Tebas mengungkap betapa virus corona begitu mengancam keuangan klub-klub. Jika musim dihentikan, kerugiannya mencapai 1 miliar euro!

LaLiga, sebagaimana empat kompetisi top Eropa lainnya, saat ini ditangguhkan akibat pandemi virus corona. Kompetisi teratas Liga Spanyol itu sudah dihentikan sementara sejak 12 Maret lalu.

Situasi yang memburuk lantas membuat periode penangguhan awal yang sedianya berlangsung dua pekan dibatalkan. Kini LaLiga praktis ditangguhkan tanpa batas waktu.

Tebas sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya tengah menggodok tiga tanggal restart yang memungkinkan. Tanggal terdekat adalah 28 Mei, jika situasi sudah memungkinkan.

Sejauh ini, klub-klub sudah mulai mengantisipasi dampak finansial akibat mandeknya kompetisi. Barcelona dan Atletico Madrid misalnya, sudah menyepakati pemotongan gaji sebesar 70% dengan para pemain dan staf teknis.

Risiko terbesar tentu saja jika musim dihentikan, baik kompetisi domestik maupun Eropa. Tebas menyebut klub-klub bakal kehilangan setidaknya 1 miliar euro atau sekitar Rp 17,5 triliun.

Bahkan jika kompetisi dilanjutkan secara tertutup, kerugiannya bakal mencapai 300 juta euro atau di kisaran Rp 5,2 triliun.

“Kalau kita melihat ke dampak ekonomi, termasuk dengan uang yang bisa kami dapatkan dari kompetisi-kompetisi Eropa, pemasukan klub-klub Spanyol yang bakal hilang kalau kami tidak kembali bermain adalah 1 miliar euro,” ungkap Tebas dikutip BBC.

“Sementara kalau kami bermain lagi tapi tanpa penonton, kehilangannya adalah 300 juta euro. Bahkan meskipun kami kembali bermain dengan penonton, kerugian yang sudah dipicu akibat situasi ini mencapai 150 juta euro (Rp 2,6 triliun),” tambahnya.

 

Sumber : sport.detik.com

About admin 101 Articles
Situs Prediksi Bola Online | Prediksi Bola Online | Berita Bola Online | Berita Bola Viral | Berita Bola Suka dengan Game Online yang menghasilkan uang asli ? Banyak Bonus yang menarik untuk anda.. Untuk Member baru dengan Game Slots kami berikan anda bonus deposit sebesar 100% Buruan daftar dan bermain bersama kami..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*